Minggu, 06 Februari 2011

Pendidikan karakter dalam Sejarah

Baru saja membaca salah satu blog dari teman sesama guru yg membahas pendidikan karakter dalam sejarah. Selama ini meski belum begitu memahami tentang bagaimana pendidikan karakter itu sebenarnya, ternyata apa yang sudah coba saya lakukan selama ini dalam menyampaikan materi sejarah sudah hampir bisa disebut sebagai pendidikan karakter, cuma perlu lebih mengasah lagi kemampuan akan wawasan global yg erat kaitannya dengan materi mengajar saya, misal: peristiwa up to date apa saja yang bisa saya jadikan contoh untuk menggiring siswa supaya bisa 'klik' memahami apa yang saya sampaikan. Saya juga sering melempar pertanyaan pada siswa ttg suatu peristiwa sejarah, apa dan bagaimana pendapat serta perspektif mereka ttg peristiwa tersebut? setelah ada feedback baru saya tahu sejauh masa siswa sudah memahami (atau minimal sudah pernah mengetahui meski belum paham sepenuhnya). Setelah materi saya sampaikan selesai, lagi saya menanyakan pada mereka, apa yang bisa kita ambil hikmah dari peristiwa tersebut, jika mereka blm bisa menjawab, maka bisa dikatakan saya belum berhasil melakukan/menerapkan pendidikan karakter pada kelas tsb, artinya masih ada PR buat saya untuk mengulangnya dg cara berbeda di lain kesempatan/pertemuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar