Minggu, 06 Februari 2011

Guru Kreatif. Creative Teacher (Copas dari salah satu blog guru:)

Guru Kreatif. Creative Teacher

Siswa sebagai subyek pembelajaran. Learning empowers students.

Selamat datang pemerhati pendidikan di Indonesia

Saya adalah seorang  guru sekolah yang percaya bahwa belajar adalah perjalanan seumur hidup. Blog ini saya buat sebagai bagian dari proses refleksi saya sebagai pembelajar. Berawal dari tulisan di blog ini, saya banyak melakukan banyak workshop dan sesi pelatihan dalam memotivasi pembelajar  segala usia baik itu guru, orang tua maupun siswa. Tidak berhenti hanya dengan memotivasi, saya berikan juga peserta seminar atau pelatihan saya  model, strategi, template dan resep yang aplikatif yang langsung bisa diterapkan di lapangan. Semuanya merupakan hasil penerapan dan pengamatan selama saya berkarir sebagai guru.
Situs ini adalah presentasi yang berkelanjutan dari ‘percakapan’ sepanjang perjalanan belajar saya sebagai guru di kelas, fasilitator dan motivator untuk pendidikan di Indonesia yang lebih baik.
Bahagia sekali saya apabila diijinkan mengiringi sekolah atau institusi anda dalam memberdayakan guru agar menjadi insan pembelajar dan profesional dalam bersikap dan mendidik siswa di sekolah. Jadi bergabunglah dengan saya.
Silakan melihat sekolah, perusahaan serta lembaga yang sudah bermitra dengan saya di halaman Mitra GuruKreatif. Saya juga membuat blog untuk kelas saya di http://year4gjis.posterous.com/
Saya bisa dikontak melalui telepon 0813. 155 90 729, email;  a.sampurno@gmail.com, yahoo messenger;  agusampurno@yahoo.com
Written by agusampurno
Desember 21, 2009 at 1:07 pm
Ditulis dalam Tak Berkategori

Strategi pembelajaran ‘Human Continuum’



Strategi ini saya gunakan untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap keterangan atau topik yang sudah saya bahas di kelas. Daripada anda bertanya satu-satu kepada siswa anda apakah mereka sudah mengerti atau belum, lebih baik lakukan strategi ini.
Langkah pertama.
Jika anda (misalnya) sedang menjelaskan mengenai topik bencana alam, minta mereka bersikap terhadap pertanyaan ‘apakah kamu bisa menyebutkan jenis bencana alam yang terjadi di Indonesia ?
Minta mereka bersikap dan bertanya pada diri sendiri  sejauh mana mereka menguasai pengetahuan yang diajarkan. Minta mereka berdiri berjajar dari merasa paling banyak menguasai  sampai yang yang paling sedikit menguasai.
Langkah kedua
Minta mereka berjajar dari yang paling tahu sampai yang paling sedikit tahu. Lalu minta ujung barisan bertemu dengan ujung baris yang satunya. Biarkan yang paling tahu mengajari yang paling sedikit tahu. Dengan demikian mereka saling berbagi informasi dan berbagi bersama temannya dikelas.

1 komentar:

  1. Ini copy paste dari blog lain, bukan tulisanku, cm coba aku share aja :) Smoga bisa menjadi guru kreatif ya ...:)

    BalasHapus