Rabu, 16 Februari 2011

Komparasi kekinian dengan masa lalu

Hari ini di kelas XI IPS, presentasi makalah mengenai organisasi-organisasi pada masa pergerakan nasional, yang salah satunya adalah organisasi wanita. RA Kartini tentu disebut karena beliaulah perintis emansipasi wanita di Indonesia yang terkenal dengan bukunya  Habis gelap terbitlah terang.
Ada beberapa pertanyaan terlontar dari siswa yang kemudian aku jelaskan. Sebagai guru, bagiku sangat menyenangkan ketika dari sebuah pertanyaan siswa aku bisa menjelaskan/menjawab tentang hal tersebut dan kaitannya dengan situasi terkini sehingga mereka cenderung lebih memahami sesuatu yang aktual daripada sekedar sejarah yang identik dengan 'masa lalu'. Terlihat bedanya raut muka borred mereka ketika aku hanya melulu menjelaskan mengenai materi pelajaran secara kaku dibanding dengan jika ada variasi atau benang merah yang bisa kita tautkan antara masa lalu dan masa kini. Kalau kita cermat untuk bisa mengaitkan peristiwa masa lalu dengan peristiwa kekinian, maka siswa relatif lebih bisa memahami karena bagaimanapun mereka hidup di masa kini dan akan sulit bayangan mereka tentang masa lalu jika kita sebagai guru tidak berusaha mencarikan perbandingan peritiwa kekinian sebagai gambaran tentang masa lalu tersebut.

1 komentar:

  1. Aku pengen banget punya siswa yang aktif berpendapat sehingga kelas menjadi hidup dengan diskusi2 yang bisa membuka wacana berpikir dan nalar, tidak hanya terpaku pada buku paket dan LKS saja dalam menjawab segala pertanyaan yang mungkin muncul di benak siswa lain maupun di benakku sendiri sebagai seorang guru

    BalasHapus